Lagi ngga terlalu sibuk, jadi melanjutkan kebiasaan lama: mengKLIPING testimonial yang ada di FS gw!! Ke-112 testimonial itu ada salinannya di komputer saya dan sesekali mencetuskan senyum simpul ketika membacanya.

Ada berapa testimonial yang anda punya di FS? Berapa testi yang benar-benar memenuhi fungsinya sebenarnya dan ada berapa yang malah jadi iklan buat yang ngirim? Merujuk pada pendapat MBDC , fungsi awal testi kan sebenernya sebagai wadah seorang teman untuk bercerita pendapatnya mengenai si penerima testi. Semacam OPINI GW TENTANG si ANU di diary-diary kita jaman SD dulu lah..

Tapi dasar memang kita adalah end user yang sangat kreatif, lama kelamaan fungsi testi semakin bergeser. Ada yang menggunakan sebagai iklan produk, ngebahas hal yang sebaiknya ditulis di Message, ngomongin orang hingga kolom cari jodoh gratisan. Testi-testi semacam ini, memperkaya pengetahuan kita mengenai apa yang sedang dipikirkan dan dikerjakan teman-teman.

Saya sendiri, hingga tulisan ini dibuat, belum pernah sekali pun me-reject testimonial yang datang. Pernah sekali tapi itu jelas ngga sengaja. Bahkan walaupun si pengirim cuma mengulang kata-kata di testi sebelumnya, saya masih meng-approvenya dengan senang hati.

Sekarang, file tempat saya mengoleksi testi dari teman-teman sudah lumayan besar size-nya. Lucu-lucu….Testi-testi itu membimbing pikiran saya mengembara ke masa lalu yang penuh kenangan, detik-detik berharga yang saya lewatkan bersama teman-teman. Ada yang isinya curhatan, lirik lagu, ucapan ulangtahun, iklan band, kata-kata gombal dan sebagian besar tentu kekaguman teman-teman terhadap ehm ehm….. SAYA. Hehehe….

Udah pernah isi testimonial saya?