Amazing!

Hari gini (yeaah Jumat, 11 April) masih ada perempuan yang melahirkan hingga 21 kali! Perempuan ini, layaklah disebut sebagai real Wonder Woman. Pada usianya yang ke-44 tahun, Halimah melahirkan anak ke-21 lagi-lagi (dan memang selalu) secara normal. Ah betapa prima kesehatannya..

Kalau ditilik-tilik dari usianya, dia (mungkin) mulai melahirkan pada usia belasan. Ah ke mana dia ketika Petugas KB datang ke desanya? Pada masa itu, bukankah sedang gencar-gencarnya kampanye Keluarga Berencana di Indonesia? Saking gencarnya, hingga slogan KB diterakan pada plastik belanja Matahari. Tau kan, gambar jari membentuk huruf V di dalam lingkaran dan ada tagline: dua anak cukup. Dulu saya kira maksudnya adalah: dua anak cukup (muat) masuk ke dalam plastik belanja ini.

Saya kenal seseorang yang punya lima anak. Tetangga saya berkomentar

Nonadita: Bu, Bu Anu baru melahirkan tadi.
Tetangga: Oh, ngalahirkeun deui? (Oh, melahirkan lagi?)
Nonadita: Iya, yang kelima.
Tetangga: Ah, eta mah salakina we teu kaop make calana (Ah, itu sih suaminya aja ngga betah pake celana)

Tapi saya rasa Halimah (dan suaminya) ini bukan sekedar ngga-betah-pake-celana. Dari pernyataannya, sepertinya mereka hanya menjalani apa yang diyakini. Yaitu bahwa banyak anak banyak rejeki. Bahwa semakin banyak anak berarti mereka semakin dipercaya untuk membesarkan seorang manusia (lagi). Dan bahwa banyak anak bisa berarti investasi untuk masa tua dan akhirat. Ah….

Kamu mau punya berapa anak, bang?? *merajuk mesra entah kepada siapa* :(

Moral postingan ini: Tambah anak, berarti tambah giat bekerja mencari nafkah ya!

PS: Untuk teman-teman kuliahku yang akan menikah minggu-minggu ini, selamat yaaa! Selamat bikin anak dan menjadi orangtua, semoga sukses!