Tentang judul postingan ini,

Simbok (dalam hati): Hah lo mau ikut-ikutan bahas gw, Dit?
Nonadita: Mars di sini maksudnya lelaki, Venus maksudnya perempuan. Simbok jangan GR dulu, hehe.

Pertemanan akrab dua orang yang berbeda jenis kelamin adakalanya menimbulkan pertanyaan, baik di benak orang lain maupun di benak pihak yang menjalaninya. Kita mengenal brotherhood, persahabatan antara laki-laki yang bagaikan saudara. Untuk persahabatan sesama perempuan, yah ada sisterhood. Tapi persahabatan laki-laki dan perempuan, mengapa seringkali motifnya dicurigai?

Benarkah Mars dan Venus bisa berteman baik-dekat-akrab-intim tanpa harus bergeser ke pola hubungan TTM alias Teman Tapi Mesum Mesra? Sebenarnya hal ini mungkin saja. Bahkan ada pengkategoriannya, yaitu:

1. Hasrat terpendam

Untuk tipe hubungan yang ini, salah satu pihak merasa bahwa pihak yang lain adalah orang yang diinginkan selama ini, namun terlalu sulit digapai. Misalnya Mars sebenarnya naksir Venus, tapi tidak diungkapkan karena Mars takut pernyataan cinta akan merusak hubungan persahabatan yang sudah dijalin. Ada perasaan romantis di sini, tapi karena tidak ada pernyataan cinta dari salah satu pihak, maka hubungan Mars & Venus tetap berupa persahabatan, bukannya TTM.

2. Ngga berselera sama lawan jenis

Jelas lah ya, Mars dan Venus selamanya akan tetap bersahabat tanpa jadi TTM. Lah Mars nya ngga berselera sama kaum Hawa (atau sebaliknya).

3. Kecocokan

Humm.. inilah tipe hubungan persahabatan Mars & Venus yang paling ideal. Dekat tapi nggak naksir. Nyaman tapi nggak pacaran. Mungkin seperti hubungan kakak beradik. Pure friends, without any romantic feeling. Hal ini mungkin tercapai bilamana:

  • Sudah pernah ada pernyataan cinta tapi kemudian keduanya merasa cocok sebagai sahabat, lalu memilih melanjutkan pertemanan akrabnya. Tipe hubungan ini bisa juga berlangsung di antara Mars & Venus yang pernah berpacaran.
  • Mars & Venus merasa nyaman dengan persahabatannya, tapi tidak ada ketertarikan secara fisik. Hyaa… ngaku atau nggak, kalo naksir orang pasti ada ketertarikan secara fisik tho? Entah matanya, suaranya, atau lainnya.
  • Masing-masing pihak punya pacar. Tipe hubungan ini bisa merupakan lanjutan dari kategori 1 atau lanjutan dari kategori 3 tipe a.

Hum..humm.. pengkategorian di atas menunjukkan tipe-tipe hubungan yang mungkin terjadi pada persahabatan Mars dan Venus. Ada usulan yang lain? Mungkin punya pengalaman berbeda? *so’ berpengalaman*

Namun persahabatan Mars & Venus bukannya tidak bisa bergeser ke tipe hubungan romantis. Misalnya: setelah bergaul beberapa tahun, si Mars menyadari tidak satu pun dari pacarnya yang bisa memahami dirinya seperti si Venus yang jadi sahabatnya selama ini. Lalu kawinlah mereka!

Tapi yaa ada juga persahabatan Mars & Venus yang berlangsung lamaaaaa tapi tetap berteman. Tidak ada perasaan romantis yang timbul. Menurut Rechsa antara lain ini dikarenakan: muka temennya biasa aja, jarang jalan bareng dan juga udah ilfeel sama kelakuannya (ah blagu loh, Ca!). Kadangkala kita juga merasa lebih jujur pada sahabat. Misalnya Anggi yang menyatakan dirinya lebih terbuka pada sahabat dari pada sama pacar sendiri. Woh iya, kalau depan pacar manalah mungkin ngomel-ngomel sampe binatang Ragunan keluar semua.

Dengan segala kejujuran, kenyamanan, kecocokan yang ada pada hubungan dengan sahabat… bisakah kita menepis semua itu dan malah berpacaran dengan orang lain? Ya bisa, harusnya bisa.

Moral postingan ini: Treat your friend as best as you can, but always be honest to your heart.