Ultah Gage Batubara

Bila ada yang mempertanyakan bagaimana mungkin pertemanan dari ruang daring bisa berlanjut ke dunia nyata, maka inilah salah satu kisahnya.

Dulu seorang temannya menggunakan akun YM nya untuk berkenalan dengan perempuan yang sama-sama berasal dari Bogor. “Sial”nya, sayalah yang kemudian diajak chatting oleh “oknum” tersebut. Belakangan, saya kemudian berkenalan dengan si pemilik YM: sevenov***. Dia ngotot, bukan dia yang meng-add YM saya. Tak sangka itu menjadi awal pertemanan kami. Perkenalan ini terjadi pada tahun 2005, kala itu saya masih imut-imut dan sedang lucu-lucunya mahasiswa dan bersiap menjelang Kuliah Kerja Profesi.

Tak sangka, ternyata kami satu almamater di Institut Pertanian Bogor. Ah, what a small world! Selama lebih dari 2,5 tahun, beberapa kali kami mengobrol dan saling mengunjungi blog masing-masing. Kala itu, bertemu blogger yang punya kesamaan latar belakang rasanya menyenangkan untuk saya. Sama-sama dari IPB dan sama-sama pengguna blogspot. :mrgreen:

Pertemuan tatap muka pertama kali malah baru terjadi awal tahun ini, pada perayaan Imlek 2559. Itu pun karena dia perlu model (teman saya, jelas bukan saya) untuk proyek fotonya (yang akhirnya batal itu). Tapi kemudian, sejak itu kami jadi sering bertemu. Sekedar untuk makan bersama atau saya minta diantar pulang. Lama-lama, lingkaran pertemanan kami semakin luas saja. Rupanya kami mengenal sejumlah orang yang sama, dan kami pun saling bertukar-kenal dengan teman-teman lainnya.

Suatu ketika, saya mendapat panggilan wawancara di Jakarta dalam kondisi badan habis flu berat. Dia mengantar saya ke Jakarta hingga pulang lagi ke rumah. Kali lain, dia bersama Tika ngotot menjemput saya makan malam saat saya terkurung di kantor di tengah guyuran hujan deras. Blogosphere pun kemudian tahu, dialah yang menjadi sutradara pesta kejutan di tengah malam berhadiah si-cowok-blackberry. Tak lupa, blog yang ini pun takkan ada tanpa uluran tangan darinya.

Dia sungguh perhatian. Siapapun yang pernah dekat dengannya tidak akan bisa menyangkal hal ini. Tanyakanlah kepada Simbok Venus dan MbakDos, mereka yang mengenalnya lebih dekat ketimbang saya. Bila sebagai teman saja, dia bisa sedemikian dicinta, bayangkanlah bagaimana kebahagiaan pacarnya.

Lelaki itu ulang tahun hari ini, 7 November. Tak ada pesta kejutan yang saya bisa rancang untuknya. Tak ada hadiah istimewa yang saya kirim kepadanya. Sekedar do’a semoga dia sukses untuk apa yang dicitakannya. Coret-coretan komik iseng saya di atas jadi penghibur saja, don’t take it seriously, honey!

HAPPY BIRTHDAY, GAGE BATUBARA!