Tak Tik Foto

Data Buku
Judul   : Tak Tik Foto – Panduan Mengolah Foto Online
Penulis   : Angel
Penerbit : Bukune
Cetakan : I, Maret 2009
Tebal      : 95 halaman

Adakah hubungan antara mewabahnya situs jejaring sosial dengan peminat photo editing? Menurut saya sih, iya banget! Semakin banyak pengguna jejaring sosial (Mis.: Facebook, Friendster, dst.) yang ingin menampilkan foto terbaiknya di profil mereka supaya eksis. Termasuk saya. :mrgreen:

Padahal tidak semua pengguna komputer awam bisa melakukan pengolahan foto sebaik desainer grafis. Selain itu, aplikasi pengolah foto masih merupakan salah satu aplikasi yang terbilang mahal dan perlu instalasi untuk menggunakan sebagian besar di antaranya. :roll:

Lalu, kenapa tidak mencoba mengolah foto secara online? Ternyata di internet banyak situs yang menyediakan fasilitas pengolahan foto yang cocok bagi para pemula. Gratis. Simpel. Tidak perlu menginstal aplikasi apapun. Hanya dibutuhkan koneksi internet yang baik untuk menggunakannya.

Buku Tak Tik Foto karangan Angel ini menyediakan informasi seputar situs untuk online photo editing. Sebutlah situs picnik, lunapic, fotoflexer, loonapix, magmypic dan logo creator. Dalam buku ini juga tersedia tutorial untuk mengubah foto-foto yang biasa-biasa saja menjadi foto yang menarik sesuai contoh.

Salah satu situs yang dibahas dalam buku ini adalah Picnik, situs pengolah foto online yang menyediakan fasilitas paling lengkap dibanding lainnya. Situs ini cocok untuk pengguna jejaring sosial karena kita bisa langsung mengimpor foto dari Facebook untuk kemudian diolah di sini. Kita bisa mengedit, menambah efek, menambah frame bahkan membuat kolase dengan template-template yang disediakan. Tidak perlu register untuk menggunakannya, tapi dengan mendaftar secara gratis kita akan mendapat fasilitas History. Ada juga akun Premium dengan fasilitas yang jauh lebih menarik.

 kolase-liburan.jpg

Saya sudah mencobanya sendiri, memang mudah seperti yang dicontohkan dalam buku. Tertarik untuk mengolah foto-foto Anda secara online juga? Jadi makin narsis itu efek sampingnya. :mrgreen: Yuk mariii…..

Update:
Baru-baru ini ada website pengolah foto lain yang baru saya temukan, namanya Canva. Fitur edit fotonya banyak dan gratis juga.