Sepasang Mata di Mana?

Pagi itu, saya dikejutkan oleh berita akan adanya rekaman video amatiran seputar kejadian gempa di Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Teman-teman ramai membicarakan dan facebook pun kebanjiran kunjungan. Kabarnya seseorang telah merekam pertanda akan terjadinya gempa di sana. Direkam secara tak sengaja dan konon bukan video rekayasa. Tapi saya masih waspada, tak percaya seperti biasa.

Sepasang mata tampak di angkasa. Susunan awan berbaris rapi membentuk citra mata yang miripnya luar biasa. Cerita yang menyertainya menyatakan bahwa adegan ini terekam persis sehari sebelum gempa Tasik terjadi. Suara-suara orang di sekitarnya pun seakan meneguhkan cerita ini. Bikin merinding. Nih videonya bisa dilihat di sini.

Video pun beredar dari satu facebook ke facebook lain. Di-retweet di sana dan di sini. Dikomentari dan di-share ke sana ke mari. Sampai RakyatΒ  Merdeka pun ikut memberitakan video ini. Tampaknya video ini menjadi topik hangat selama beberapa hari.

Tapi kemudian Mbak Feby menemukan hal menarik. Ternyata video ini memiliki kemiripan dengan video yang sudah lama beredar. Adegan dan durasinya sama. Hanya berbeda di suara latar dan kisah yang menyertainya. Bulan Mei lalu, dikabarkan sepasang mata tampak di langit Besakih bertepatan dengan Karya Panca Wali Krama 2009. Dalam artikel ini, tim Balikami menemukan fakta bahwa video yang sama telah direkam pada Oktober 2007, kabarnya sih di Ukraina. Tasikmalaya, Besakih, kemudian Ukraina? :mrgreen:

Bali Ukraina

Ini bukan kali pertama sebuah video beredar dan memancing kontroversi. Biasanya, sebuah fenomena alam menjadi pembicaraan hangat bila telah dikaitkan dengan kebesaran Tuhan dan kebenaran akan agama tertentu. Tak lupa bahwa semua orang punya hak untuk mengklaim fenomena alam adalah bukti kebenaran Tuhannya. Bila hal ini terjadi, tak heran bila ada perdebatan seru yang kemudian mengikuti.

Sayangnya, banyak dari kita yang tidak terbiasa untuk mengecek kebenaran suatu info sebelum kemudian menyebarkannya. Gambar/video heboh atau permintaan golongan darah AB kita broadcast kemana-mana tanpa ada sedikit usaha untuk googling mengenainya. Kemudian kita merasa mendapat pahala, karena telah berpartisipasi dalam dakwah atau telah menolong orang yang sedang susah. Padahal belum tentu kabar tersebut benar adanya.

Apa salahnya menyebarkan video yang menunjukkan keagungan agama yang kita yakini? Bukankah amal baik sudah tercatat bahkan ketika niat baru terucap dalam hati?

Mungkin tidak salah.

Tapi sulitkah bagi kita untuk sedikit bertanya, pada Google atau teman yang cendekia? Mestinya kita jadi lebih tenang ketika informasi yang kita teruskan sudah terbukti kebenarannya, atau setidaknya ada usaha ke sana. Bukan maksud kita harus menunda penyebaran fakta, namun ini ajakan untuk membuat logika kita lebih berdaya. πŸ™‚

Baca juga:
Fenomena Alam Gambar Dua Mata di Langit Besakih

42 thoughts on “Sepasang Mata di Mana?

  1. Yap..se7 skali dg paragraf terakhir..:-)..aq juga pas liat pertama ditv serem jg..tp masak sih? Ndak mw langsung percaya aja..eh,ternyata ada juga gambar yg mirip di bali ma ukraina..ckck..thx mbak dita atas infonya. πŸ™‚

  2. iya, agak sebel juga diganggu hoax2 nggak mutu gitu yg diforward tanpa periksa dulu. termasuk juga isu ramalan gempa di jawa timur dg magnitude 8.8 skala richter. gila, bikin panik banyak orang, anak2 sekolah sampek nangis segala.

  3. iya tuh, hoax maker yg menyerbakan video tersebut dgn versi tempat yg berbeda (malaysia, thailand dll), padahal video tersebut semuanya sama, Source video itu cm satu, hanya di-edit berulang2. Namun banyak jg yg sengaja memberikan effect yg hampir sama (angle’s eyes) untuk video2 lain.

  4. Hmm, baru liat template barunya nih. Maklum biasa baca dari feed reader. πŸ˜‰

    Hari ini di feed saya ada 4 blogger yang nulis tentang “mata” ini. Bikin saya penasaran: seheboh itukah hal itu dibahas? Saya jadi membayangkan kita nggak maju2 kalo masih menghubungkan suatu kejadian dengan hal2 seperti itu.

    *3 yang lain mata ditemukan di langit padang saat gempa*

  5. padahal alam semesta dan seisinya ini sudah menggambarkan kebesaran Tuhan koq (bagi orang beriman yang mau berpikir. Ndak perlu Dia sampai menampakan mata-Nya secara explisit begitu. Tuhan khan bukan banci tampil yang perlu hadir secara jelas dimana-mana. Sayangnya kita seolah harus diyakinkan dengan hal-hal eksplisit yang sebenarnya terlalu remeh seperti itu. Jadi video hasil copas aja bisa bikin heboh gak jelas… πŸ˜€

  6. Bingung, percaya atau tidak…
    tergantung asumsi masing2, mungkin ada yang percaya dan suka dengan hal yang aneh2 mungkin juga ada yg menganggapny biasa saja..

    Semoga saja kalau memang ada pemberitahuan tentang akan terjadi sesuatu di Bumi kita tercinta terutama di Indonesia ada pmberitahuan yg jelas, supaya ada persiapan, hehe.. :DV

  7. Walaupun aq juga ga menggubris berita itu, tapi bisa diambil pesan positif dari si penyebar pertama. Mungkin beliau ingin mengingatkan bahwa Tuhan itu ada dan selalu mengawasi qt. ^^

  8. wah masih percaya gak percaya. non kaga ikutan kontes pertamina?sapa tau menang lagi,lumayan hadiahnya mobil Non.Microsoft Bloggership, dah menang,kumpul blogger nya belom ada hasil ya non, sukses yaa non.

  9. ow begitu to..tadinya justru ga tau ada video ini *dipentung krn telat*, begitu ditanya-tanya soal kebenaran videonya baru survey jawabanya, he he he makasih penjelasannya πŸ™‚

  10. awalnya niat bgt liat videonya,,,cm stlh dijabarin jadi males jg…hehehe
    tp antiklimaks dari artikel ini maaannntttaaaabbbb…
    “jgn gampang percaya!!!”
    itu yang lbih menarik.

    salam knal yah…

  11. Mata apaan tu yach??? Kayaknya video kayak gitu dah banyak beredar and judulnya jg macem2….
    Males percaya ma gitu2-an….mending ngebahas Miyabi aja hehehehe….. (gak nyambung gan….) Ya udahlah, mau percaya pa gak terserah juragan2 semua…..

  12. Menurut saya awan itu bisa saja bentuk menyerupai apapun termasuk mata, raksasa,etc. Jadi hal seperti itu bagi saya ngak usah terlalu di dramatisir apalagi masyarakat kita masih banyak yang mempercayai hal hal yang berbau supranatural hingga paranormalpun laku.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top
%d bloggers like this: