Pernah nggak membayangkan gimana rasanya kalau punya pulau sendiri? Punya wilayah yang bisa kita klaim sebagai daerah kekuasaan pribadi, punya tempat untuk menyepi tanpa diganggu hal-hal lain lagi, dan bisa kita kasih nama sesuai nama yang kita sukai. Hmm… bisa jadi menyenangkan kayaknya.

Tak heran bila adaaaaa saja yang berkeinginan punya pulau sendiri. Ketika uang bukan lagi masalah dan ijin bisa didapat dengan mudah, pulau pribadi bisa menjadi pilihan menarik untuk investasi maupun sekedar ditinggali. Beberapa kasus sudah menunjukkan (peluang) terjadinya hal semacam ini. Begitupun, bukan hal yang membanggakan bila orang asing memiliki pulau pribadi di negara kita, Indonesia. Pengalaman menunjukkan, hampir kehilangan Pulau Sitabok dan Pulau Bidadari malah bikin pemerintah kita ketar-ketir. Not to mention Pulau Sipadan dan Ligitan lah ya.. :mrgreen:

Pulau memang seyogyanya tidak jadi hak milik pribadi. Mungkin “negara kecil” dalam sebuah negara, bukan hal yang baik untuk kita. Tapi kalau pingin tetap punya pulau pribadi gimana dong?

What a coincidence, a friend of mine sent me an interesting message: invitation to have your very own pulau. A virtual pulau that can be modified by yourself. VIRTUAL?! Oh ya nggak masalah, sini juga blogger kok kayak situ :mrgreen:

MyPulau homepage

MyPulau homepage

Adalah MyPulau, situs jejaring sosial rekomendasi teman saya itu. Tempat di mana kita bisa melakukan interaksi dengan teman di dunia maya dan bergabung dengan orang-orang yang punya minat yang sama. Situsnya sendiri yang bisa diakses di sini, adalah karya anak negeri. Dari Telkomsel untuk Indonesia, tapi bisa digunakan oleh siapa saja.  Tampilannya manis dengan warna cerah yang enak dilihat mata. Situsnya dinamis berkat AJAX kayak Facebook punya.

Seperti situs jejaring sosial lain, di sini kita bisa membuat profil pribadi, berbagi status (integrated with other social networks), menambah teman, bikin event dan berinteraksi dalam group. Punya pulau sendiri nggak lantas bikin kita terisolir kayak Chuck Noland di Cast Away dong.. Profil saya bisa diakses di sini, silakan di-add kalau udah bikin ya 😀

Tampilah Dashboard MyPulau

Tampilan Dashboard MyPulau

Coco Nonadita sudah 1170

Coco Nonadita sudah 1170

Layaknya interaksi di dunia beneran, kita bisa “membeli” sesuatu di sini.  Ada satuan mata uang yang bisa digunakan, namanya Coco. Coco ini bisa dipakai untuk mengunduh konten di toko, yaitu PulauMall. Kontennya sih bisa dipake beneran di HP, tapi khusus untuk pengguna Telkomsel saja 😉 Coco bisa didapat dengan beraktivitas lebih banyak, misalnya mengupload foto, berinteraksi dengan teman atau mengundang teman-teman untuk bergabung. Sejauh ini saya sudah berteman dengan beberapa orang, membuat sebuah group (Blogger Indonesia), dan membuat event (IPB Blogging Day) supaya dapat lebih banyak Coco.

Ada juga fitur lucu bernama Mood Theme. Semacam simbol yang bisa menggambarkan status emosi kita saat itu, berupa gambar matahari di atas pulau. Fitur Social Status Integrator memungkinkan kita posting status ke Facebook, Twitter dan Friendster sekaligus. Kita juga bisa chatting dengan teman yang sedang online barengan.

Lalu punya pulau pribadinya di sebelah mana dong? 😯

Nah kalau sudah gabung, pulau terbesar yang kelihatan di profil adalah pulau pribadi kita. :mrgreen: Pulau-pulau kecil berwarna biru adalah pulau teman-teman kita, dan pulau kuning adalah group-group yang kita ikuti. Kesampean kan cita-cita punya pulau sendiri? 😉

Pulau Nonadita & Teman-teman

Pulau Nonadita & Teman-teman

Secara umum, MyPulau sebagai situs jejaring sosial ala Indonesia menarik untuk dicoba. Namun untuk menambah “rasa Indonesia”, idenya Mas Pitra keren juga, yaitu menambah fitur yang memungkinkan pengguna menambah konten sesuai dengan budaya lokal di pulau tempatnya berada. Oh ya, saya membayangkan pulau yang dipilih ketika pendaftaran tentu lebih menarik bila ditambah dengan deskripsi visual seperti yang muncul ketika kita meng-hover tetikus ke atas pulau kosong. Misalnya penambahan foto Raja Ampat di pulau Papua gitu bisa sekalian cuci mata. 😀 MyPulau juga akan lebih menarik bila ada interaksi yang lebih terasa antara penghuni pulau, bukan sekedar menambah teman saja.

Yay!! Mau mencoba bikin pulau sendiri??