Pingin Punya Pulau Pribadi

Pernah nggak membayangkan gimana rasanya kalau punya pulau sendiri? Punya wilayah yang bisa kita klaim sebagai daerah kekuasaan pribadi, punya tempat untuk menyepi tanpa diganggu hal-hal lain lagi, dan bisa kita kasih nama sesuai nama yang kita sukai. Hmm… bisa jadi menyenangkan kayaknya.

Tak heran bila adaaaaa saja yang berkeinginan punya pulau sendiri. Ketika uang bukan lagi masalah dan ijin bisa didapat dengan mudah, pulau pribadi bisa menjadi pilihan menarik untuk investasi maupun sekedar ditinggali. Beberapa kasus sudah menunjukkan (peluang) terjadinya hal semacam ini. Begitupun, bukan hal yang membanggakan bila orang asing memiliki pulau pribadi di negara kita, Indonesia. Pengalaman menunjukkan, hampir kehilangan Pulau Sitabok dan Pulau Bidadari malah bikin pemerintah kita ketar-ketir. Not to mention Pulau Sipadan dan Ligitan lah ya.. :mrgreen:

Pulau memang seyogyanya tidak jadi hak milik pribadi. Mungkin โ€œnegara kecilโ€ dalam sebuah negara, bukan hal yang baik untuk kita. Tapi kalau pingin tetap punya pulau pribadi gimana dong?

What a coincidence, a friend of mine sent me an interesting message: invitation to have your very own pulau. A virtual pulau that can be modified by yourself. VIRTUAL?! Oh ya nggak masalah, sini juga blogger kok kayak situ :mrgreen:

MyPulau homepage
MyPulau homepage

Adalah MyPulau, situs jejaring sosial rekomendasi teman saya itu. Tempat di mana kita bisa melakukan interaksi dengan teman di dunia maya dan bergabung dengan orang-orang yang punya minat yang sama. Situsnya sendiri yang bisa diakses di sini, adalah karya anak negeri. Dari Telkomsel untuk Indonesia, tapi bisa digunakan oleh siapa saja. ย Tampilannya manis dengan warna cerah yang enak dilihat mata. Situsnya dinamis berkat AJAX kayak Facebook punya.

Seperti situs jejaring sosial lain, di sini kita bisa membuat profil pribadi, berbagi status (integrated with other social networks), menambah teman, bikin event dan berinteraksi dalam group. Punya pulau sendiri nggak lantas bikin kita terisolir kayak Chuck Noland di Cast Away dong.. Profil saya bisa diakses di sini, silakan di-add kalau udah bikin ya ๐Ÿ˜€

Tampilah Dashboard MyPulau
Tampilan Dashboard MyPulau
Coco Nonadita sudah 1170
Coco Nonadita sudah 1170

Layaknya interaksi di dunia beneran, kita bisa โ€œmembeliโ€ sesuatu di sini.ย  Ada satuan mata uang yang bisa digunakan, namanya Coco. Coco ini bisa dipakai untuk mengunduh konten di toko, yaitu PulauMall. Kontennya sih bisa dipake beneran di HP, tapi khusus untuk pengguna Telkomsel saja ๐Ÿ˜‰ Coco bisa didapat dengan beraktivitas lebih banyak, misalnya mengupload foto, berinteraksi dengan teman atau mengundang teman-teman untuk bergabung. Sejauh ini saya sudah berteman dengan beberapa orang, membuat sebuah group (Blogger Indonesia), dan membuat event (IPB Blogging Day) supaya dapat lebih banyak Coco.

Ada juga fitur lucu bernama Mood Theme. Semacam simbol yang bisa menggambarkan status emosi kita saat itu, berupa gambar matahari di atas pulau. Fitur Social Status Integrator memungkinkan kita posting status ke Facebook, Twitter dan Friendster sekaligus. Kita juga bisa chatting dengan teman yang sedang online barengan.

Lalu punya pulau pribadinya di sebelah mana dong? ๐Ÿ˜ฏ

Nah kalau sudah gabung, pulau terbesar yang kelihatan di profil adalah pulau pribadi kita. :mrgreen: Pulau-pulau kecil berwarna biru adalah pulau teman-teman kita, dan pulau kuning adalah group-group yang kita ikuti. Kesampean kan cita-cita punya pulau sendiri? ๐Ÿ˜‰

Pulau Nonadita & Teman-teman
Pulau Nonadita & Teman-teman

Secara umum, MyPulau sebagai situs jejaring sosial ala Indonesia menarik untuk dicoba. Namun untuk menambah โ€œrasa Indonesiaโ€, idenya Mas Pitra keren juga, yaitu menambah fitur yang memungkinkan pengguna menambah konten sesuai dengan budaya lokal di pulau tempatnya berada. Oh ya, saya membayangkan pulau yang dipilih ketika pendaftaran tentu lebih menarik bila ditambah dengan deskripsi visual seperti yang muncul ketika kita meng-hover tetikus ke atas pulau kosong. Misalnya penambahan foto Raja Ampat di pulau Papua gitu bisa sekalian cuci mata. ๐Ÿ˜€ MyPulau juga akan lebih menarik bila ada interaksi yang lebih terasa antara penghuni pulau, bukan sekedar menambah teman saja.

Yay!! Mau mencoba bikin pulau sendiri??

61 thoughts on “Pingin Punya Pulau Pribadi

  1. Wah asyik juga nih….kayanya lebih seru lagi klo kebudayaan2 yang kita punya jg bisa ditampilin di MyPulau, jadi biar para pengguna situs ini bisa tau apa aja yang ada di Indonesia dan mereka bisa lebih menghargai budayanya. Good job… ;))

  2. oh..jadi ini toh yang dimaksud mypulau. kmaren kakak saya ikut launchingnya di kep. seribu sana. kirain telkomsel ngeluarin produk apa gitu..hehehe..^^

  3. @ Aziz hadi: silakan buka account kalau begitu.
    @ Anggi: wheeww..bisa tuker2an info tentang kebudayaan2 lokal keren juga ya ๐Ÿ˜€
    @ iqbal: kalau malah mendukung pekerjaan gapapa dong?
    @ mayang: kirain Telkomsel nyewain pulau beneran gitu? :mrgreen:
    @ rizal: silakan, gampang kok daftarnya
    @ macangadungan: Mas Pitra usul yang soal budaya2 lokal itu lho
    @ gunawanrudy: eh err, waktu itu saya nggak ikutan jeh ๐Ÿ˜€
    @ junjung: nggak usah beli, gratis mas
    @ jarwadi: wah silakan dipiara lagi pulaunya kalau begitu
    @ kebon jahe: sip udah daftar juga, tapi belum sempet eksplor

  4. Sepertinya dah banyak deh situs lokal yg terisnpirasi oleh keberhasilan facebook.. tapi kalo mau buka acct seperti fb lebih dari satu malah bingung mau ngurusin yg mana. “Just my opinion” loh ya ๐Ÿ™‚

  5. Sudah mbaca ulasan serupa oleh Zam.. nampaknya perlu banyak perbaikan situsnya meski sudah relaunching untuk kali kedua.. namun tetep menjadi rujukan seru sebagai alternatif.

    Aku dikasih suguhan apa nih bertamu ke pulau-mu? ๐Ÿ˜€
    Salam hangat dari afrika barat!

  6. @ latif: iya ayo coba coba sekarang!
    @ ichanx: tapi kayaknya yang nge-add lo bakalan cowok semua. chanx :mrgreen:
    @ fenty: aku juga nggak pake sih, fen. Nggak mesti pengguna TElkomsel dowang..
    @ blogger ingusan: Err..kalau punya waktu & energi lebih, boleh lho bikin account banyak2 :p
    @ dj master: punya pulau sendiri dilarang pemerintah kan
    @ mel: you’re welcome. Silakan coba
    @ dilla: dilla boleh lho bikin pulau kepik..
    @ oelil: iya bikin pulau virtual dulu aja
    @ bieb: jangan sampe bosan ngeblog juga ya, bieb ๐Ÿ˜€
    @ domba garut: di pulauku banyak rumputnya, domba garut mestinya doyan :mrgreen:

  7. @ rian: mirip2 facebook kok, gampang2 aja
    @ andrea: itu juga jadi pertanyaan saya, nanggung gitu kedengerannya :mrgreen:
    @ cK: sudah temenan sama Chika!
    @ trafsilo: ho3 thank you!
    @ Atah: add saya ya!

  8. Cuhuuuiiiii,,,, jadi makin semangat nge-Blog,,,, hihihihi,,, ternyata seru juga yah ada Nonadita yang kasih referensi yang kreatif punya,,,, Nonadita udah ampe mana pulaunya??? waksss,,,, seru tuh tampilannya…. biasanya kan cewe yang ngaku desainer kayak aku paling getol liat yang warnawarni kayak uploadan Dita di atas,,,, hhihihi
    Ohyah… DIta uda mampir ya ke blog,,,, seneng deh ada jejak Nonadita disana, soalnya aku pikir cuma bisa admire via majalah aja, ternyata Nonadita bener2 sempet2nya meninggalkan jejak,,, terharu *hikz hikz*…. aku sering bela2in baca postingan Dita kalo lagi suntuk di kemacetan jakarta… Pulsa abis tapi tetep seneng ada bacaan praktis… ^__^

  9. sumpah yos ngakak baca komntar diatas, komntarnya mas ahyari, katanya Bisa main perang2an ga ya?, emang bisa main perang2an ya teh di jejaring sosial itu? hehehe

  10. Beberapa kali pernah dengar, abis ini mau menuju TKP ah…
    Ngomong2 soal kemungkinan memiliki pulau pribadi, aku agak sedikit beda, kenapa kita ngga boleh punya pulau sendiri?
    Apa bedanya memiliki pulau sendiri dengan memiliki tanah yang luasnya sama dengan luas pulau kecil misalnya?

    Hehehehe kupikir tata aturan kepemilikan itu harus diamati lagi yah, Nona Dita :))

  11. Kata-kata dan Ucapan yang ditulis Membuatmu Bisa seperti iniโ€ฆ membuat org tertarik membacannya Selamatโ€ฆ Yaaaโ€ฆ Maf Lama gk Koment-koment..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top
%d bloggers like this: