Mau Legal tak Mesti Mahal

Sebentar, sebelum ngetik mau nyetel lagu dulu di komputer.

#nowplaying lagu Daniel Powter

Seperti biasa, memang rasanya lebih menyenangkan bila bekerja (atau ngeblog) sambil ditemani musik. Sayup-sayup aja nggak usah keras-keras. Seringkali musik menenangkan hati, melancarkan inspirasi. Bersama secangkir kopi, cocoklah untuk menemani hari.

Lalu bila ada kesempatan, dengan senang hati saya nonton pertunjukkan musik yang ada di kota saya. Senang aja gitu nyanyi-nyanyi bareng di tengah keramaian, bisa lihat permainan asli si artis apalagi kalo dapet tiketnya gratis. :mrgreen:

Segitu belum bisa dikategorikan sebagai penikmat musik kali ya? Sepertinya baru sampai taraf pendengar musik. Saya mendengarkan lagu ya pilih-pilih, nggak semua lagu dari satu artis saya dengarkan pun nggak ngefans pada artis tertentu secara berlebihan. Seperlunya dan se-moodnya saja.

Sebagai pendengar-musik biasa, ada satu fakta rahasia: sampai hari ini, tak pernah sekalipun saya membeli CD atau DVD lagu. Ya sekarang udah bukan rahasia lagi dong… 😳 Lho kok bisa? Iya, semua CD/DVD lagu yang saya miliki gratisan semua. Dikasih teman atau menang undian. Ennaak khaaan? 😀 Hampir semua yang gratis memang enak. CD gratisan hampir sama enaknya dengan download lagu gratisan. Kalau kita punya source dan facility-nya, internet layaknya surga lagu-lagu artis ternama.

Padahal nyatanya beli lagu asli juga nggak selalu mahal. Ditambah lagi sekarang ada layanan baru, portal yang menjual lagu-lagu digital dari artis dalam negeri. LangitMusik alias iTunes versi Indonesia. Sebagai pemain baru di bisnis ini, LangitMusik memang bukan yang pertama. Ada IM:Port dan Digital Beat Store yang sudah lebih dulu ada. Tapi konon LangitMusik menawarkan sesuatu yang berbeda.

Beli lagu digital legal nggak mahal!
Beli lagu digital legal nggak mahal!

Setiap pengguna Telkomsel bisa mendaftar di LangitMusik dengan mudah. Beli lagu digital di sana jelas nggak pake cash money (mau setor ke siapa juga lagian 🙄 ), tapi bisa langsung potong pulsa atau pake T-Cash. Bukan hal yang biasa namun layak dicoba. Harga per lagu nggak terlalu mahal, 5000 rupiah/lagu saja! Pulsanya kurang? Bisa juga sewa lagu selama 30 hari dengan harga 3000 rupiah saja 😀 Untuk punya lagu dari satu album full, harga beli ketengannya masih lebih murah dari harga CD pada umumnya *ngomporin*. Lagunya bisa didengarkan di komputer atau didownload ke HP, suka-suka.

Namun sayangnya format lagu digital dari LangitMusik nggak bisa didengar di BlackBerry dan iPhone. Padahal saya telanjur make BlackBerry iPhone adalah salah satu layanan yang diberikan Telkomsel. Nanti lama-lama bisa kali ya? Mungkin. Mau beli atau sekedar pingin tahu lebih banyak tentang LangitMusik? Langsung aja koprol ke sini atau baca Help.

Mudah-mudahan sih nantinya lebih banyak lagu bagus yang tersedia di portal ini. Lebih irit dari segi biaya dan memudahkan pendengar musik yang malas pergi belanja seperti saya. 😎

Pertanyaan postingan ini: bila lagu digital tersedia di internet dengan harga murah, apakah anda memilih membelinya ketimbang download bajakannya? Feel free to share lho, nggak usah takut diuber-uber polisi 😈

56 thoughts on “Mau Legal tak Mesti Mahal

  1. Ehm,
    Gua ngerti dengan kondisi lo yang lagi diendorse sana sini, tapi jujur aja gua kangen sama tulisan-tulisan lo yang dulu. Apalagi kalo lagi cerita tentang kucing-kucing di rumah lo.

    Tanpa pretensi, tiada justifikasi, nir promosi. Cuma anan yang ingin berbagi.

    Salam,
    Kebon jahe
    -penggemar anan (bukan nonadita)-

  2. Bukannya kamu pernah beli albumnya Juliet di KFC?! meskipun itu paketan dengan makanannya tetep aja itungannya kamu beli 😛
    Kalo 1 lagu Rp 5000, 1 album yg berisi 10 lagu bisa jadi Rp 50000 dong, bukannya malah mahal ya?

  3. di sini masih mental gratisan, agak susah gaaan.. 😆
    padahal sistemnya udah bagus… yah semoga saja lah orang-orang endosah cepat sadar kalo mengunduh gratisan – dan apalagi sampai memperjualbelikannya – adalah tindakan melawan hukum…

  4. Download lagu legal tapi di play di laptop or pc dengan Sistem Operasi Bajakan ya percuma hehe..

    apalagi sistem share beberapa hari trial dst .. nggak merdeka deh kitanya..

    ^-^ silakan merenung..

  5. Yang trial 30 hari itu kayaknya mesti streaming. Jadi punya hak dengerin secara streaming berapa kali pun selama 30 hari. Kalo gak salah di itunes juga ada yang sistem ‘rental’ kayak begini.

  6. apapuuun..
    demi gratisan 😀

    umm..
    kalo CD ato DVD, di toko kurang lengkap Mbak Dit..
    misal dulu nyari DVD Coldplay original aj susahnyaaa

    tapi kalo di LangitMusik ada kapan-kapan dicobain beli ke sana de 😀

  7. @unggul : setubuh, eh setuju.. pendapat yang menarik.. bali lagu legal, tapi ndengerinnya di PC dengan OS bajakan.. apa kata dunia? hehe..

    5rb/lagu ya? murah mana sama kita beli CD MP3 di emperan dgn isi lagu MP3nya sampe ratusan? piracy di negeri ini sudah sangat mengakar…

  8. mungkin kalo di kasi pilihan antara yang berbayar dengan gratisan aku yakin pasti pilih gratisan. toh yang seneng melalang buana di dunia maya ini juga sudah perlu biaya. tapi secara pribadi aku juga gag mendukung karena kasihan para musisi nya tapi yang memasang lagunya di internet itu juga perlu di kenai dosa. lha koq OOT & ngelantur ya komeng ku ❓ 😀

  9. mnrt saya, mencegah pembajakan itu adalah usaha yg percuma. buat apa mencari solusi yang ga relevan sama perkembangan zaman. mendingan bersahabat dgn pembajak dan make money dgn cara lain, misalnya RBT, manggung, merchandise. kl orang2 musik yg visioner, mereka pasti udh mikir ke arah sana. radiohead aja ngejual albumnya dgn harga “terserah” kok..

    tapi yang jelas, gue sih cuma download lagu2 luar sih. kl mau ngebajak musisi lokal ya ga tega.. *sok nasionalis* 😆

  10. kalau saya tergantung bandnya, kalau slank, boomerang, iwan fals pasti beli yang asli..kalau di luar itu..gak mau beli…juga gak mau donlot bajakan..karena gak suka………

  11. kalo diriku berprinsip membeli lagu musisi indo terutama yg indie.. karena dari sanalah kita bisa memajukan mereka… kalo lagu barat mah tetep aja ndonlot

    waktu jaman nya masih kaset, saya rajin beli kaset, pas jaman nya CD, males karena meheeell… tapi balik lagi, kalo musisi indo, tetep wajib hukumnya..

    nah dengan adanya ini, jadi lebih memudahkan untuk org2 yg punya prinsip sama sayaaa…

    assiikkk…. 😆

  12. gak perlu beli satu album juga kayaknya deh….

    pilih aja yang easy listening (ciaelah gaya…) kan gak semua dalam satu album kita suka semua lagunya (kecuali emang ngefans banet ama itu artis)

    mending beli album kompilasi yang isinya lagu2 hits dan kalo bisa dapet diskon gitu, biar proyek lagu digitalnya sukses….

  13. kalau streaming lebih murah dengerin last.fm, USD 3 per bulan bisa dengerin sampe muntah. 5000 terlalu mahal kalau cuma kualitas MP3, lain cerita jika formatnya flac atau jika ijinnya adalah lagu tsb bebas ditaruh ke berbagai media dalam 1 waktu.

  14. salam kenal nonadita
    memang kalau mau jujur antara sharing dan membajak akan selalu beda tipis :0
    disatu sisi nurani kita berkata .ingin rasanya menghargai sang musisi . namun di sisi lain file yang bertebaran dan siap dipetik seringkali lebih daya tariknya ya ?

    so in this case . berpulang pada diri kita masing masing gitu ya ?

    saya baru belajar nge blog nih. masih newbie 😀
    kapan kapan main ke blog ku ya …

    minta sedikit kripik dan sarannya

  15. hehehehehe klo dah terbiasa gimana dund.. harusnya bikin tuh product protector… hacker2 di indonesia dikumpulin wat project ntu pasti bisa… hacker indonesia itu keren tau mbak.. seancur2nya indonesia tapi orang indonesia banyak menorehkan prestasi di dunia maya semacam mbak ini lah…. cuma negara gak support ne cyber world…. koneksi internet aja cenat cunut… broadband udah mahal pake quota lagi, trik promosi aja yang jago tapi hasil nol besar…ckckckck

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top
%d bloggers like this: