Rocks!

Rocks!

Yay, masuk koran lagi! :mrgreen:

Beberapa minggu yang lalu, saya dihubungi Keshie (wartawan tabloid PC Plus) untuk sebuah wawancara. Rupanya PC Plus tertarik mewawancara saya terkait prestasi-prestasi yang diterima, saat itu blog ini baru menjadi finalis The BOBs Award 2010.

Hasil wawancara tersebut lalu dimuat di rubrik Who Rocks? PC Plus edisi 357 3-26 April 2010. Seperti biasa, obrolan dimulai dengan menanyakan sejarah dan minat ngeblog. Lalu saya diminta memberikan tips bagaimana supaya konsisten ngeblog. Padahal saya sendiriย  juga sekarang jadi fakir postingan. :mrgreen: Tapi ya, sekedar share tidak ada salahnya, berikut jawaban saya:

  • menulislah tentang hal-hal yang disukai. Jangan memaksakan menulis sesuatu yang tidak disukai/dipahami hanya karena ingin ikut arus atau terlihat OK
  • setiap kali ada ide, catat idenya sesegera meskipun tidak sedang di depan komputer. Tulislah ide tersebut di HP, buku catatan atau bahkan tissue. Nantinya ketika sudah ada waktu untuk menulis, rangkailah ide tersebut jadi tulisan, yang penting jangan sampai idenya hilang sebelum berkembang.
  • Bacalah kembali tulisan-tulisan yang lama. Bisa jadi muncul ide untuk menulis tentang hal yang sama namun diperkaya dengan hal baru yang berbeda.
  • Banyak-banyak mendengar dan membaca. Dengarkan apa yang orang lain sampaikan dalam percakapan, ingat-ingat apa saja hal yang menarik yang sedang dibicarakan. Baca-baca media massa, blog orang atau bahkan celetukan di Twitter. Bisa jadi kita tertarik untuk menulis sesuatu dari sudut pandang kita sendiri. Semakin banyak hal yang kita ketahui, semakin banyak hal yang bisa kita beri.

Ketika ditanya tentang cita-cita, spontan saya menjawab pingin keliling dunia gratis sebagai blogger. Eh nggak tahunya dijadiin judul tulisan aja lho! :roll: Jadi tersipu-sipu saya.. Tapi nggak apa-apa, mudah-mudahan jadi doโ€™a. Tolong Amiiinn-kan ya.. :mrgreen:

 

Di akhir wawancara, jawaban serius tentang harapan untuk dunia blog Indonesia (kayak lagi pengajian, banyak kata ‘semoga’-nya):

semoga lebih berkembang, lebih banyak orang yang bisa akses internet. Semoga fasilitas internet bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang baik, misalnya menunjang pendidikan, meningkatkan taraf hidup dll. Semoga masyarakat Indonesia juga bisa lebih dewasa dan melek teknologi. Ketika ada kasus nggak enak, nggak serta merta nyalahin medianya tapi lebih jauh lagi cari solusi atas masalah yang dihadapi.

Bila tertarik membaca tulisan lengkapnya, silakan unduh di sini (514 kb). Enjoy! ๐Ÿ˜€
*ditimpuk massa karena narsis*