Yay! Hello, akhirnya bisa posting juga  :mrgreen:

Seminggu di AS, salah satu hal menyenangkan yang saya rasakan adalah kenikmatan berinternet yang didapat di tempat saya menginap di sini. Lalu kenapa baru posting? Nggak sempat menulis jeh, padat nih kegiatannya. :-“

Kecepatannya sih nggak istimewa, nggak sampai puluhan Mbps. Tapi yang jelas koneksinya stabil dan lancar pol untuk dipakai mengunggah puluhan foto liburan program kami ke Facebook. Tapi barusan saja saya lihat di TV sini, ada perusahaan yang menawarkan internet dengan kecepatan 40 Mbps untuk penggunaan individu. Waw. 😯

Melihat ke belakang, minggu lalu saya masih ngomel mengeluhkan lambatnya internet di Indonesia (baca: rumah saya). Baik modem portable dan yang di rumah sama mengecewakan terutama dalam hal unggah file-file besar. What if we have super duper connection in our house? Aktivitas internet bakal lebih lancar, baik yang produktif maupun konsumtif. Baik posting penting ataupun ngetwit garing.

Bulan lalu, saya mengeluarkan serial twit soal Long Term Evolution (LTE ). Yap, kabar baik sudah datang dari Telkomsel yang memulai riset mengenai teknologi ini bersama beberapa perguruan tinggi yang jadi partnernya. Bila riset berjalan sesuai rencana, diharapkan sekitar satu-dua tahun lagi, Telkomsel bisa mengeluarkan internet super cepat sampai 172 Mbps. Konon, aplikasi LTE ini masih dalam skala lab berupa proyek uji coba dan belum digunakan untuk kepentingan komersial.

Internet secepat itu memang masih jadi uum, … sesuatu yang kedengeran seperti “mimpi kali ye”. Tapi dengan adanya usaha ke arah situ, kerjasama antara pihak terkait dan pengembangan infrastruktur yang baik, LTE bukannya tidak mungkin. Memang bisa jadi ada masanya suatu hari nanti rumah tangga di Indonesia punya internet cepat. Walaupun IMHO, saat ini PR utamanya adalah bukan menyediakan internet yang super duper cepat dulu. Bukannya nggak penting, tapi ketersediaan dan aksesibilitas masyarakat sepertinya lebih mendesak. Telkomsel sudah bergerak ke penyediaan internet super cepat, sedangkan pemerintah masih terseok-seok menyediakan teknologi internet yang merata dan murah. Agak jomplang.

Anyway, mari berharap dan mendukung upaya-upaya baik seperti ini. Kemajuan teknologi berarti kemajuan bangsa juga. 😉

Apa yang bisa dilakukan dengan internet super cepat ini? Untuk saya, cukuplah untuk mendukung hobi main online game dan nonton video tanpa terputus-putus. Gimana dengan anda?