Pesta Blogger 2010!

(Late post) tentang Pesta Blogger 2010 alias #pb2010 :mrgreen:, ada apa saja?

  1. Asyik. #pb2010 kali ini mengangkat keragaman komunitas dan platform sebagai daya tariknya. Nggak cuma bloggers yang bisa ikutan, tapi socialmediorati dari berbagai platform berpartisipasi dan menambah warna penyelenggaraan tahun ini.
  2. Banda Aceh. Saya berkesempatan ngisi Blogshop di kota Serambi Mekkah ini. Banda Aceh kabarnya kini berkembang 400% dibanding sebelum dilanda tsunami 2004. Warung kopi dengan wifi gratis bertebaran di berbagai penjuru kota. Salah satu kopi enak yang kami cicipi dijual di Dapoek Kopi, segelasnya cuma sekitar lima ribu rupiah. Kopi enak & murah plus wifi gratis, pastinya banyak blogger betah nongkrong di sini.
  3. Community. Salah satu hal yang menyenangkan dari ikutan roadshow #pb2010 adalah kenalan dengan teman-teman baru dari komunitas lain. Di Manado, saya jadi saksi reborn-nya komunitas blogger Manado, Kawanua. Kawanua menambah keramaian blogosphere Indonesia. Selamat atas kelahiran & tetap berkarya!
  4. Durian. Well, sejak jauh hari otak saya sudah mengasosiasikan Medan dengan durian. Pancake durian dan bolu Meranti jadi pesanan utama dari teman-teman yang merepotkan. Tapi Medan lebih dari sekadar durian untuk saya. Blogshop terakhir yang diselenggarakan di sini terbilang sukses, namun menyisakan cerita sedih karena dua orang panitia dari komunitas lokal kecelakaan ketabrak mobil sepulang Blogshop. Sekarang sih keduanya sudah lebih sehat & beraktivitas seperti biasa. Get well soon, Putra & Adiah!
  5. Eksis. Ini kali ketiga saya sharing di Pesta Blogger. Pada PB 2008, saya (bersama Zam) ngisi breakout session untuk pertama kalinya dengan tema Blogging for Newbie. Tahun berikutnya, saya jadi salah satu MC di panggung utama. Pada #pb2010, saya ngisi breakout session lagi bersama Blogor, komunitas blogger Bogor. Ini kali pertama Blogor berpartisipasi nyumbang acara di Pesta Blogger. Yeaaayy!!
  6. Friends! Ya, saat ini kopdar bukan lagi hal yang langka seperti di masa-masa awal ngeblog. Sekarang ngantor pun sudah jadi kopdar dengan sesama blogger. Tapi #pb2010 memungkinkan saya bertemu dengan teman-teman yang berdomisili jauh dari Jakarta & mungkin cuma bisa bertemu setahun sekali, atau kurang dari itu.
  7. Gratisan. Ah ya, karena tiga tahun ini saya jadi partner penyelenggaraan Pesta Blogger, maka saya selalu bisa masuk dengan gratis. Hahaha! :mrgreen:
  8. Hadiah. Nggak ada hadiah yang saya bawa pulang tahun ini, tuips! Tahun ini karena kesibukan *halah* saya nggak sempat ikutan satu pun lomba blog, hihihi! Oh ya, jangan lupa tahun ini Microsoft Indonesia membuka lagi Microsoft Bloggership Award. Saya dan Nico Wijaya adalah pemenang Microsoft Bloggership Award yang lalu. Mau gadget & jalan-jalan gratis, belajar hal-hal baru, training & beasiswa? Tunggu updatenya di situs Pesta Blogger & ikutan ya!
  9. Ilmu. Beragam komunitas online dan offline berpartisipasi & menyebarkan ilmunya pada PB kali ini. Nggak heran kalau kemudian breakout sessions di PB kali ini penuh dengan topik menarik yang bikin bingung peserta, harus milih yang mana? Kalau saja saya nggak jadi pembicara lagi, saya pinginnya bisa ikut kelas-kelas lain deh.
  10. Je t’aime, #pb2010. Selalu ada hal baru yang dibawa oleh Pesta Blogger setiap tahunnya. Kejutan apa lagi ya di PB selanjutnya? Atau anda punya ide untuk membuat PB tahun depan lebih berwarna? Tell me! πŸ˜€