.. setidaknya tolong jangan jiplak poster filmnya, PLEASE!!

Saat membaca jadwal film 21 Cineplex di koran beberapa hari lalu, seketika saya prihatin pada adanya kemiripan yang luar biasa pada poster film dari dua negara di belahan dunia berbeda. Satu adalah film impor Drive Angry (DA), satunya lagi adalah produk lokal berjudul Dedemit Gunung Kidul (DGK). Sekilas saja, saya langsung menyimpulkan bahwa kali ini poster film DGK-lah yang mencontek poster film DA.

Kenapa langsung menuduh poster DGK yang jiplakan poster DA?

  1. Mirip banget. Kalaupun kebetulan, ah sungguh luar biasa! Somehow, poster DA sudah beredar lebih lama di internet dibanding DGK.
  2. Setir mobil di poster film DGK terletak di kiri, bukan hal yang lazim di Indonesia termasuk di Gunung Kidul. Kalau di Amerika, memang iya setir mobilnya di kiri. 
  3. Menurut teman yang sudah nonton, tidak banyak adegan di DGK yang melibatkan mobil. Artinya, mobil tidak menjadi elemen utama di film tersebut. Jadi kenapa cerita di posternya harus cewek berpaha seksi di dalam mobil? Lain dengan DA yang memang banyak adegan kejar-kejaran pake mobil.

Benarkah kreativitas pembuat poster DGK sedemikian parah sampai mencontek poster film asing? Lagi tayang barengan, pula. Atau mungkinkan ini bagian dari strategi agar film ini dibicarakan banyak orang? Bisa jadi. Orang mungkin akan ilfeel atau mencela-cela betapa cupunya poster DGK, tapi (poster) film ini telanjur menyebar via word of mouth mouse.

Saya ingin film yang berkualitas & digarap dengan sungguh-sungguh sampai ke poster filmnya. Bukan film murahan dengan poster jiplakan yang sekadar menonjolkan sensualitas. Bisakah saya dapat ini dari pembuat film Indonesia?

Baca juga: Poster-poster Film Indonesia Ternyata Nyontek

__________________________________
Mampir juga yuk ke Travel Blog Nonadita