Beberapa waktu lalu, saya diundang untuk hadir di acara Donor Darah di Perayaan 125 Tahun Coca-Cola. Penasaran dan sekaligus merasa lucu juga sih, ulangtahun Coca-Cola kok acara utamanya malah donor darah? Apa karena logonya sama-sama merah? #krik. Belakangan saya tahu bahwa ultah CC ini dirayakan bersamaan dengan Hari Palang Merah Sedunia ke-148.

Kegiatan ini memang dibuka untuk umum dan undangan disampaikan via milis komunitas-komunitas online. Siapa saja boleh datang dan menyumbangkan darahnya. Untuk setiap penyumbang darah, Coca-Cola menyediakan goodie bag menarik yang berisi paket kue, kaos dan buku tentang sejarah Coca-Cola di dunia. Teman-teman mengantri untuk berdonor, walaupun sebagian terpaksa menunda keinginannya karena berbagai keadaan misalnya: punya tekanan darah rendah, Hb rendah atau sedang menstruasi. Meski gagal berdonor, tapi niat dan semangatnya patut dipuji. :mrgreen:

@lisadepe berdonor

Ini @beradadisini

_

Ada @nsadjarwo

_

..dan @defickry

_Bentuk peringatan ulang tahun seperti ini menarik buat saya. Kombinasi antara kegiatan sosial dan hiburan yang menyenangkan. Saya terkesan mengetahui bahwa sejumlah teman rupanya terbiasa berdonor darah & punya riwayat berdonor yang cukup lama. Katanya, mereka merasa lebih sehat setelahnya tentu karena tubuhnya otomatis memproduksi darah yang baru untuk menggantikan darah yang keluar. Selain itu, rasa apalagi yang menggantikan perasaan bahagia karena telah memberikan sumbangan untuk mereka yang sedang kesusahan?

Lalu kenapa Coca-Cola sampai terpikir untuk menyelenggarakan kegiatan donor darah dan bukannya yang lain? Well, rupanya kegiatan ini hanya satu dari sekian kegiatan sosial yang dilakukan Coca-Cola Indonesia. Malah donor darah ini menandakan dimulainya program “Employee Volunteering”, yaitu program yang mendorong para karyawannya untuk terlibat dalam kegiatan sosial yang difasilitasi oleh perusahaan. Karyawan juga menyumbangkan jam kerja mereka untuk kegiatan sosial tersebut. Very nice. Hari itu saya mendapat masukan baru lagi tentang praktek CSR yang dilakukan perusahaan di Indonesia. Ah semoga saja kegiatan semacam ini bisa berlangsung secara rutin.  😀

Paralel dengan kegiatan berdonor, di event tersebut juga ada sejumlah hal lain yang menarik, seperti: film sejarah Coca-Cola di dunia, photo booth yang menggambarkan grocery store pertama yang menjual Coca-Cola di US, kulkas berisi Coca-Cola gratis yang terus-terusan penuh dan juga berbagai memorabilia yang desainnya bagus-bagus itu.

Terakhir, tak lengkap rasanya kopdar tanpa foto-foto dengan teman-teman. :mrgreen:

@mamski_ paling ganteng.. #yaiyalah