Sebagai anak pegawai negeri dan besar dengan bersekolah di sekolah negeri, rasanya saya cukup familiar dengan batik. Dengan latar belakang inilah, sampai beberapa tahun lalu, saya masih mengidentikkan batik dengan seragam. Batik muncul secara rutin di rumah kami pada hari-hari tertentu. Saat orangtua saya upacara tiap tanggal 17 atau hari Jumat, dan setiap hari Kamis (selama 6 tahun) di mana saya diwajibkan memakai seragam sekolah bermotif batik.

Sampai kemudian batik mulai muncul di acara-acara non-formal. Saya ingat, beberapa tahun lalu ada sebuah episode Gebyar BCA di TV di mana semua pengisi acara dan penonton memakai batik dengan model dan motif yang menarik. Saya nggak pernah membayangkan bahwa batik bisa juga jadi dress yang manis, blus pendek yang santai atau atasan yang terlihat chic dipadukan dengan jeans. Itulah awal ketertarikan saya pada baju batik dengan model yang lebih modern.

My friend loves batik!

Di kantor saya yang lama, saya pernah punya klien orang Amerika Serikat. Sebagai peneliti kontrak yang ditugaskan di lembaga Indonesia, Edie mengikuti tradisi memakai batik tiap Jumat. Ternyata Edie tidak merasa terpaksa, tapi memang dia suka motifnya. Suatu hari, dia cerita habis memborong baju-baju batik di Yogya sebelum dia kembali ke Amerika.

Tahun lalu saat mengikuti program IVLP di AS, saya janjian untuk bertemu dengan Edie di San Francisco. Betapa kagetnya saya ketika melihatnya memakai blus batik berwarna bir muda. Ternyata dia sengaja memakai salah satu koleksinya dalam rangka ketemu saya, si orang Indonesia! Betapa terharunya saya saat itu..Β  istimewanya batik ternyata diakui tidak hanya oleh orang Indonesia, namun juga orang dari bangsa yang berbeda. πŸ˜€

Mungkin keistimewaan dan kekhasan inilah yang kemudian melatarbelakangi BCA untuk meluncurkan kartu kredit BCA Platinum dengan motif batik. Motif mega mendung dan burung phoenix yang digunakan ini rupanya karya maestro batik ternama Indonesia: almarhum Iwan Tirta. Burung phoenix adalah burung yang abadi dan melambangkan keberuntungan. Tapi ini dikenal di cerita tradisional Indonesia juga nggak sih? Saya kurang tahu. Lalu, ada motif mega mendung yang berupa motif awan yang melambangkan perjalanan hidup manusia yang terus berkesinambungan.

Minggu lalu, saya diundang untuk datang ke acara peluncurannya di Jakarta. Atrium Senayan City rupanya disulap menjadi kumpulan booth merek batik. Ada beragam produk batik sampai praktik melukis batik di sana. Ada juga hiburan Tari Bedhoyo Kontemporer dan penampilan Maliq & The Essentials yg para artisnya memakai baju/aksesoris batik. Full of batik deh!

Pertunjukkan tarian kontemporer

BCA Platinum Batik

Tentang kartu kredit BCA Platinum ini, sepertinya saya sih belum qualified untuk jadi nasabahnya hehehe. Namun saya mengapresiasi usaha BCA untuk melestarikan dan mengangkat pamor batik agar lebih dikenal lagi. Inilah salah satu warisan budaya Indonesia yang juga sudah diakui dunia. Oh ya, baca juga pengakuan UNESCO terhadap batik Indonesia sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity. Makin bangga ya pakai batik? :mrgreen:

Tertarik tahu lebih jauh tentang batik? Simak timeline @BanggaBatikID atau fan page Bangga Pakai Batik.