Di tengah riuhnya percakapan di Twitter dengan berita-berita buruk dan campaign kuis-kuis, ada satu hal yg menghibur dan biasanya cepat menyebar: kesalahan admin brand/komunitas besar. Entah itu salah account atau fakta salah yang telanjur ditweet. Masih ingat nggak kasus admin Twitter Metro TV yg tiba-tiba ngetweet: tititku gatel. Hilarious! Konon karena ada orang iseng. Bisa jadi adminnya khilaf, kita nggak pernah tau. Di channel lain, ada admin fan page snack yg “mengajak” followersnya untuk nonton video seksnya Ariel peterpan. Kedua hal tersebut menyebar dengan cepat, karena menertawakan kesalahan orang bisa jadi semacam hiburan.

Semalam, kasus admin salah terjadi lagi dan kali ini menimpa admin @GNFI alias Good News from Indonesia. Awalnya sih karena account ini sering menyampaikan info tanpa disertai link yang kredibel atau penjelasan yg memadai. Jadi sejumlah orang meragukan konten dari account tersebut. Nggak hanya meragukan, ada juga yang iseng ngetweet “prestasi Indonesia” dan mention @GNFI dengan tujuan agar diretweet. Semalam, admin ini kecolongan. @roidtaufan ngetweetNama anak Tom Cruise, Suri, berasal dari nama sejenis timun yang tumbuh di Indonesia. Cc: @GNFI” yang rupanya diteruskan oleh admin @gnfi. Saat baca, saya nggak bisa nggak ketawa sih ngebayangin timun suri jd inspirasi nama anak Tom Cruise.

Tweet Roid Taufan

Di-retweet GNFI (--")

Tweet ini menyebar cepat dan diretweet berulang kali. Buat banyak orang, ini menghibur sekaligus bikin prihatin. Sayang sekali account dengan audiences sebesar itu bisa kecolongan untuk hal yg remeh. Wajar kalau admin nggak tahu asal usul nama anak Tom Cruise. Saya nggak tahu, ngapain juga? Tapi ini jadi sentilan untuk admin GNFI (dan admin account serupa) untuk recheck info yang diterima. Info yang masuk (dan keluar) idealnya memang disertai data pendukung. Repot dan takes time? Resiko. Kredibilitas taruhannya. Di jaman serba internet begini, googling adalah selemah-lemahnya usaha mencari informasi.

Para admin GNFI, tetap semangat yoo & lebih teliti lagi lain kali. Untuk yang iseng ngetes GNFI, well  “pelajaran” diterima dengan baik. Hopefully :)