Sayah Mbacanya Susah (SMS)

Short Message Service alias SMS alias sandek adalah sebuah layanan yang dilaksanakan dengan sebuah telepon genggam untuk mengirim atau menerima pesan-pesan pendek

Saya menyambut iklan terbaru Esia dengan salah satu cengiran terlebar saya. Hahaha saya senang karena akhirnya ada operator yang berani membuat terobosan memasang tarif SMS per karakter. Rp.1,-/karakter, saya cuma bisa berseru: WAAAW! Dengan tarif terbaru ini, bolehlah bila kemudian Esia mengklaim diri sebagai operator yang memasang tarif SMS paling adil. Besok-besok, (mungkin) saya tak perlu bikin SMS yang sangat panjang-panjang nian karena nggak mau rugi lebih dari seperlunya.

[Hah?! Nggak mau rugi? Emang sepanjang apa SMS-SMSmu, Non?]

Seperti apa bentuk SMS dari saya, mungkin bisa dipahami dari sajak singkat Paman Tyo pada kali pertama saya berkiriman SMS dengannya:

Nonadita percaya hemat pangkal kaya.
Jika biaya sama kenapa SMS cuma beberapa kata.

Begitulah, sajaknya kena banget deh di saya. Hehehe *tersipu-sipu malu*

Tentang Layanan yang Digunakan Nonadita

Namun dengan tarif-adil-ala-Esia ini, mungkin saja terjadi perubahan perilaku ber-SMS para pengguna Esia. Pengiriman SMS bisa dilakukan ringkas-ringkas seperlunya saja dan nggak perlu manjang-manjangin karena menghindari “perasaaan nggak mau rugi itu”. Mungkin saya pastinya bakalan berperilaku begitu juga.

SMS memang layanan yang paling sering saya gunakan, karena itu saya senang bila operator yang layanannya saya gunakan (Indosat dan Bakrie Telecom) bisa menyediakan layanan SMS yang baik. Terkait dengan tarif SMS murah ini, waktu saya masih kuliah sudah merasakan IM3 sebagai penyedia tarif termurah untuk SMS-an. Yayaya, dan kartu IM3 ini masih saya gunakan hingga sekarang. Tapi memang sulit ya mengubah image di benak orang-orang bahwa IM3 itu kartunya mahasiswa banget, nggak profesional dan mengesankan ABG. Saya masih ingat komentar dari seorang adik-kelas-saya-di-IPB-nan-tajir-lagi-berada-anak-pejabat-Kutai Kartanegara:

Ih, IM3 kan kartunya orang miskin.

Tengil banget nggak seehhh komentarnya?? *sebal*

Perilaku Pengguna SMS
Beberapa tahun yang lalu, para operator seluler belum menaruh perhatian lebih pada servis SMS ini sehingga berlakulah tarif SMS flat ke semua operator yaitu Rp.350,-/SMS. Kala itu, saya menangkap perilaku yang umum digunakan oleh pengirim SMS, yaitu:

  1. Menulis SMS dengan bahasa biasa saja dan seperlunya. Kalau perlunya pendek ya SMS pendek saja. Ini dilakukan oleh orang yang efisien, orang kaya (yang nggak merasa rugi berkirim SMS pendek) dan mereka yang tidak suka berepot-repot menulis SMS.
  2. Menulis SMS dengan kata-kata yang disingkat-singkat dan sudah digunakan secara umum. Ini dilakukan oleh orang yang efisien dan mereka yang mau irit, tapi tidak sampai mengorbankan kejelasan makna (halaahh…!!). Bahasa singkatan yang umum digunakan misalnya: sy (saya), plng (pulang), dl (dulu), syg (sayang), sbb (sebab), pgn (pengen), BAB (buang air besar pup)
  3. Menulis SMS dengan cara menempelkan kata-kata tanpa menggunakan spasi sebagai pemisah. Contoh: Cha,LoAdaDiMana?GwDariTadiNungguinLoDiTanggutFaperta.AmpunDehAnakBarunyBnykBngtGwSampeGrogiSndirianDsini. Hal yang menyebalkan adalah apabila teknik ini dikombinasikan dengan gaya menyingkat, misalnya: UdhlhCha,CoKykGtNgapJgSihLoTngguin!UdhTwDySlngkhDrLo,MsLoNgtotMuTtpSmDy.KlDySlngkhLgGmn?KanLoJgYgSkt. –> Ini adalah sengirit-ngiritnya orang irit (alias pelit). Ada lho teman saya yang konsisten menggunakan gaya SMS ini.

SMS-annya Para ABG
Mengenai perilaku menyingkat kata-kata pada SMS, apakah hal ini akan berlaku pada kalangan ABG? Woow ABG ini, mereka mempunyai bahasa sendiri, yang umumnya berbeda dengan bahasa penyingkatan SMS yang digunakan pada pada poin 2 di atas. Bukannya menyingkat, bahasa-SMS-ABG ini justru cenderung menambahkan karakter yang tidak perlu dan menghapus karakter yang sebenarnya justru memperjelas makna kata. Contohnya adalah yang digunakan berikut ini oleh adik saya:

D Tesx hre kmiz kog..

Apakah itu artinya Saudara-saudara? Tidak lain dan tidak bukan artinya adalah:
Di tesnya hari Kamis kok..

Bahasa-SMS-ABG ini ternyata digunakan secara umum, misalnya saja pembaca harian Warta Kota berikut ini:

SMS ABG di Warta Kota

Contoh kata-kata khas SMS-ABG:

Iia (iya)
App (apa)
Gx (nggak)
Tmand2 (teman-teman)
Zkul (school; sekolah)

Wah, kalau menerima SMS model begini, Sayah Mbacanya Susah (SMS)TM. *mengelap keringat yang bercucuran* Heran deh, mbacanya aja susah, tapi masih ada yang mau susah-susah ngetiknya. Apalagi kalau model bahasanya adalah substitusi huruf dengan angka (contoh: bunga –> bun94). Ngetiknya lebih lama tho? Lebih susah tho? Hehehe.. biarkanlah asal mereka berbahagia melakukannya.. πŸ˜€

Moral postingan ini: Ngirit sih OK-OK aja yaa, tapi pertimbangkan juga penggunaan kata-kata yang mudah dimengerti dan kadar intelegensi penerima SMS.

39 thoughts on “Sayah Mbacanya Susah (SMS)

  1. kok sama. saya suja kesulitan bacanya… kosa kata yang dipake juga singkatan dan huruf besar kecil nya itu lho…

    udah gitu kalau di ym pakai warna warna lagi :0

  2. ada ABG yg suka sms gw tp ga pernah gw bales, karna MALASSS. isinya:

    Ge, aQ kAngEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEnEn..

    *benran deh, itu sms jadi terhitung 2x*

  3. saya walaupun sudah bukan ABG lagi tapi kadang masih tuh ngikuti gaya sms seperti itu… πŸ˜€
    kayaknya ide bagus sih klo posting pake bahasa ABG sekali2…

  4. EmG deH aNaK AbG TuH biQn PuSiNg aJa kLo nuLiS sMs.
    yG pLg gUa seBeL kLo d aKhiR sMs aDa KaTa2 : bLs Ya!
    yaa AmPuuuNnn..sMs kLo PeNTiNg jG guA bLs LaaH! kLo ga dbLs yA bLoM seMpeT aJa KaLiii!!
    (perasaan sepupu gua kalo nulis sms gaya di atas cepet bener, gua kok pegel2 ya..)

  5. wakakakakaka .. hampir free yah pake esia tapi lom free sms yah .. πŸ˜›

    Yah aku masih setia sama IM3 meski sekarang dah rada pelit ngasih promo .. πŸ˜›

    Well kamu bukannya masih abg juga dit .. πŸ˜›

  6. duasisi .. nggak capek nulis besar kecil kayak gitu ..?? hehehehe capek deeehh .. πŸ˜›

    Dit .. kalo dipikir2x masih murah IM3 loh .. im3 sms antar operator masih 100 kalo Rp1 per karakter esia kalo dipake 160 (tarif per sms) hasilnya sama aja .. πŸ˜›

  7. yang gue sebel banget bacanya itu, w = gue.
    aneh. dan kalo IM3 sama ESIA kartu-nya mahasiswa? betul banget. ditambah XL sekarang kartu mahasiswa juga. Tapi teteplah INDOSATsms ESIA yang poll. heuheueue

  8. Haduh, ngikik2 baca komennya gage… πŸ™‚

    Iya, SMS kombinasi huruf besar-kecil plus Angka bikin saya KATARAK… πŸ™
    beneran dech…

    SMS bukannya Short Memori Sindrome yach…???

    Ehhh, barusan saya ngomongin apa sich???…. πŸ˜€

  9. Kalo singkatan2 yang dipake udah jadi kesepakatan kedua belah pihak yang saling ber-SMS-an sih ga masalah, tapi kalo cuma sepihak kan bikin repot, bisa2 jadi Miss Communication, Miss Understanding, dan Miss-Miss lainnya. Hehehehe

  10. Wah, itu mah masih mending, berarti efisiensi, tapi … kalo sms nya isinya cuman, ‘iya’ , ‘ok’ apaan itu coba ??? boros banget!

  11. halah. itu sms temen gw banget… πŸ˜€ yang nempel” gitu susah dibaca.. mank nyebelin siii.. :p
    btw gw sejak lama juga pake im3 lohhh.. biar kata dulu katanya kartu orang miskin tapi sekarang udah “Indosat Sinyal Kuat” lohh.. huehe iya gakk.. πŸ˜€ btw. lam knal yah dari sayaa. πŸ˜€

  12. akhirnya, ada juga yang menyuarakan aspirasi saya. sepakat!

    ttappii kkallo gag gagapp bggini nnulissnnya jjammann skkrg gag dianggepp ggaull lhho. hha.

  13. ups, maap. ralat komen saya barusan: “aspirasi saya dan banyak orang yang lainnya”. (yang udah bukan abegeh lagi kyknya, hho).

  14. imho:
    aku biasanya sms menggunakan bahasa EYD πŸ™‚
    takut udah mbayar 350 pesan tidak di mengerti,
    kan malah cilaka 12 itu πŸ™‚

    jadinya “al-mubaziru the friends of syaiton”

  15. hlo boss, dmna possi?
    >itu sms yg paling sering nyangkut di hp-ku.
    dkntor, knp?
    >itu jwaban-ku
    gpp, cm nnya ja…

    semprul…
    >itu suara batin-ku

  16. umm..jadi inget balasan dari sepupu ku yang umurnya 14 thn

    “Corulez mbak….bla bla bla….” –>aku sampe muter2 nanya temen kos an buat nany arti corulez

    akhirnya, tau deh jawabannya…

    Corulez = sori baru bales

    Halaaaaahhhhhhhhhh…………….

  17. gue sebel kalo terima sms dari ponakan yang masih abegeh. kebanyakan pake smiley seperti :-)8 (konon artinya senyum sambil pake riben), atau >:< (konon artinya ragu-ragu atau bimbang). jadi ruwet banged. belum lagi singkatan dalam bhs inggris semisal TYMV (thank you very much), YYSSW (yeah yeah sure sure whatever), 2MOR (tomorrow), OIC (Oh, I see). halah, pokoknya nggak jelas. ancurr. esia bikin bahasa sms semakin ancurrr

  18. Kalo saya nggak pede untuk nulis sms
    bukan apa apa…
    tulisan saya jelekk…

    Hidup IM3… kartu perdana jaman saya masih pra sejahtera

  19. UdhTwDySlngkhDrLo,MsLoNgtotMuTtpSmDy.KlDySlngkhLgGmn?

    kalo sms kayak gini sih mungkin bisa irit mengirit…

    dan ada kemungkinan laen juga..

    mungkin tombol space nya rusak jadi kagak bisa pencet space…..

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top
%d bloggers like this: