Blogor, Saungna Blogger Bogor Yeuh!

Apakah hal yang mendorong terbentuknya komunitas bloger?

Naluri manusia untuk selalu hidup dengan orang lain (gregariousness) dan naluri seorang bloger untuk kopdar dengan blogger yang dikenalnya di blogosphere. (nonadita, 2008)

Kalimat di atas cukuplah sebagai alasan maraknya kopdar blogger dan munculnya sejumlah komunitas bloger di Indonesia. Dua hari lalu, Blogor lahir menambah semaraknya komunitas bloger. Berlokasi di Plaza Telkom Bogor, disponsori oleh Speedy dan disaksikan oleh beberapa orang petinggi dari komunitas bloger lain, berdirilah Blogor sebagai komunitas blogernya urang Bogor. Blogor alias bloger Bogor. Nama yang unik, mudah diingat. Semoga tidak diplesetkan menjadi blobor, alias tinta belepotan.

Kenapa perlu ada komunitas? Memangnya apa sih komunitas itu? Komunitas pada umumnya merupakan sekumpulan orang yang memiliki kesamaan pada suatu minat tertentu dan kemudian menjadi dekat satu sama lain. Pada komunitas bloger, blog menjadi kesamaan minat yang membuat bloger merasa satu. Selain itu, kesamaan lokasi tempat tinggal (proximity) umumnya menjadi salah satu ‘faktor pembatas” yang membuat sejumlah komunitas eksklusif untuk orang-orang tertentu saja.

Dilihat dari asal pembentukannya, wajar lah bila komunitas bloger dianggap bersifat guyub dan memenuhi syarat untuk disebut sebagai sebuah paguyuban. Anggotanya homogen atau heterogen? Bisa jadi keduanya. Namun yang pasti akan selalu ada kesamaan di antara anggotanya. Adakah hirarki di dalamnya? Bisa ya, bisa tidak. Seperti kelompok sosial lainnya, secara alamiah akan muncul pihak-pihak yang bersifat dominan dan berperan mempengaruhi anggota lainnya. Seringkali kita menyebutnya opinion leader. Dia bisa mempunyai nama yang berbeda tergantung pada konteks lokal komunitas tersebut. Ada yang dipanggil dengan nama Sultan, atau Koordinator, atau Pupuhu.

Namun bila hirarki ini sudah sedemikian jelas dan ada pembagian tugas yang spesifik antar anggotanya, layakkah bila disebut sebagai organisasi? Organisasi yang “kebetulan” beranggotakan bloger semuanya. Bila ditambah dengan adanya tujuan bersama serta adanya sejumlah norma yang harus dipatuhi, maka bentuk organisasi pun tidak bisa lagi dipungkiri.

Maka mana bentuk yang paling sesuai untuk komunitas bloger yang baru lahir ini? Paguyuban yang hubungan antar anggotanya cenderung setara atau organisasi yang bersifat hirarkis? Pertanyaan inilah yang kemudian akan terjawab oleh waktu dan proses yang akan dilewati oleh teman-teman di Blogor. Perlahan tapi pasti, Blogor akan menemukan bentuk yang paling sesuai untuk dirinya sendiri. Kelompok sosial selalu dinamis, setiap hari karakter anggota yang berbeda akan menyumbang warna kepada kelompoknya.

Walaupun saat ini Blogor matangnya terkesan dikarbit, karena mendadak dituntut harus punya struktur organisasi walaupun usianya belum lagi sehari, tapi yaa proses ini toh akan dijalani juga. Pembagian kerja pun wajar saja, namun memang bila terjadi secara alamiah, rasa memiliki itu akan lebih kuat.

Satu hal yang pasti, semangat ini harus didukung. Bentuk pasti bervariasi, tiap komunitas punya ciri khasnya sendiri. Tujuan bisa sama, tapi proses yang akan dijalani tentunya berbeda. Karena Blogor sudah “telanjur” mengambil bentuk formal, maka tanpa malu-malu saya mengusulkan untuk segera menetapkan tujuan, hendak menjadi komunitas yang seperti apa Blogor ini? Akankah menjadi komunitas yang penuh dengan aksi sosial? Atau komunitas yang bergiat dalam memasyarakatkan nikmatnya ngeblog? Atau semata menjadi komunitas tempat kumpulnya bloger yang butuh pelampiasan stresnya hidup sehari-hari? Mari .. mari .. belajar dari komunitas lain, kepada mereka yang sudah mapan dan tampak solid.

Selamat atas terbentuknya Blogor! Hayu bloger Bogor sadaya, gabung ka Blogor, urang ngumpul sarerea. Blogor, saungna urang Bogor tea!

Moral postingan ini: Mari memberikan manfaat lebih dari kegiatan berkumpul-kumpul kita. Bloger juga bisa berbuat aksi nyata, tak semata cuap-cuap di dunia maya.

Tulisan terkait:

1.  Bayi Itu Bernama Blogor
2.  Bukan Kopdar Biasa
3.  Kelahiran Blogor
4.  Kopdar Melulu
5.  Minggu yang Menyenangkan
6.  Peresmian Komunitas Bloger Bogor

89 thoughts on “Blogor, Saungna Blogger Bogor Yeuh!

  1. yang penting bikin sesuatu itu ada tujuannya..

    kalo saya sih lebih memilih yang sering nongkrong, ngumpul, gojek kere saja..

    soal kegiatan sosial dan aksi lainnya, ya itu nanti secara insidentil saja..

    sing penting kumpul-kumpul..

    *ciri khas bloger yang malas ngurusi kegiatan*

    jadi bloger kok repot..

  2. sekalian hetrik ah..

    tapi positif juga kalo bloger bisa jadi EO, bisa “bermanfaat” utk orang lain..

    pokoke sukses lah buat BLOGOR! *masih merasa aneh dengan nama ini, sepertinya “agak gimanaaa” gitu*

  3. namanya kok kayak plesetan nama kota bogor, ah sudahlah apa artinya nama, yang penting kumpul, gojek kere, ngabisin benwit kafe orang dll 😀

  4. Mari memberikan manfaat lebih dari kegiatan berkumpul-kumpul kita. Bloger juga bisa berbuat aksi nyata, tak semata cuap-cuap di dunia maya.

    setuju… caranya tergantung selera masing-masing 🙂

  5. kl mnrt gw makH nmany bru kbentuk,utk awalany keg yg ringan2 ae dulu..ngmpl2,gojek kere yo iso..tjuany bwt ngmplin massa dlu..jgn lgsg yg brat2..udah lmyn solid br dah bkin gebrakan..kegtny lbh terarah..kan mantab tu..jd stahap-stahap..gw stuju tuh ttg ga skedar kumpul-kumpul..jd sbuah kmunts jg bs mmbri warna d lingkgany (bogor.Red)

    ^sok tau bett gw ya! tertunduk malu mode on^

  6. saya sendiri blogger independen. bisa masuk mana aja. saya blogger dari jakarta tapi malah ikut komunitas blogger jogja hyakakakakk… 😆

  7. @ zam: ya tentu saja, semua harus diawali dengan tujuan. Baru tentukan cara mencapainya
    @ iway: emang sengaja plesetan nama Bogor kok 😀
    @ suprie: ah suprie kopipaste aja..
    @ kangtutur: setuju banget, kang!
    @ edy: .. dan sumberdaya yang berbeda-beda itu
    @ hanny: kenapa atuh Neng Hanny nggak ikut?
    @ rae: mau jadi komisaris yah?
    @ omoshiroi_: iya saya juga setuju. supaya komunitasnya akrab dulu. Soal kesolidan memang baru akan terbentuk setelah melalui proses, salah satunya dengan nikin kegiatan2 bareng
    @ cK: chika bukannya emang mau nyusul ke Yogya?
    @ hanggadamai: asal jangan minta makan aja, Ga..

  8. @ Mbilung: nanti ikutan kopdar ya, juragan!
    @ kishandono: saya ndak apal band Malaysia
    @ don danang: yuuuk marriii!
    @ bayuhebat: ada yang mau skripsinya dibimbing oleh saya? *so’ pinter* akakak masih inget aja bloger hedon
    @ balibul: jangan dibikin jadi saru kayak kamu, bul!
    @ meong: terima kasih, mbak Med. Mau mabrur mesti ke Surabaya dulu. Jauh ah!
    @ emfajar: mohon sumbangannya..
    @ agoong: thank you 😀
    @ epat: sesaat tapi tidak sesat hahah!
    @ arya: saya wawancara sultan sampeyan saja deh :0

  9. hi nona

    semoga blogor makin maju 🙂

    untuk gaung acara kopdarnya kalo bisa lebih lagi sehingga blogger bogor yang laen pada ngedenger 😀

    fans ilovebogor di friendster sudah mencapai 22.000 orang bogor

    kira2 berapa % yang punya blog yach 🙂

    kalo pada dateng kopdaran semua gimana tyuh haha 🙂

    maju blogorrrrr !!!!

  10. masih muda tapi udah punya pikiran kaya gitu..
    saloet dah..
    buat saya si blogor juga tempat untuk belajar, belajar organisasi yang bae, belajar kehidupan orang lain, belajar sosialisasi, belajar apa aja yang bisa di ambil, dan akhirnya dapet relasi lagi..
    hihihihi

    regard

  11. @ menik: itu betchul, teh menik!
    @ yahya kurniawan: itu nama udah dipaten dan ditempel jimat!
    @ tyo gaptek: iyah saya tinggal di Bogor
    @ httsan: semangat!
    @ didut: setara atau ngga setara, tergantung sama selera sih, dut
    @ yan dosQradio: untuk Bogor dan sekitarnya, jadi Kabupaten Bogor juga termasuk 😀
    @ cm4nk: berminat jadi ketua umumnya?
    @ achoey: terima kasih, kang 🙂 iya saya bantu sebisanya
    @ i love bogor: makasih juga atas liputan di ilovebogor.com
    @ alabahy: semangat juga buat waroengtegal.org!

  12. selamat atuh, walaupun blogor, ikut mampir nya
    setuju sekali mari kita berbuat sesuatu dan berkomunitas dengan tujuan yang baik dan maju tentunya….
    perkenalkan aku juga sedang belajar nge-blog nih, nulis begini saja…. masih gemeteran.

  13. @ Jenk: emang anak2 Jogja itu kenapa ya? Saya kenal lho sama Sultannya 😀
    @ mikekono: urang Bogor oge? Tatanggaan sareng Pak SBY?
    @ bakulsapi: Terimakasih 🙂 memang banyak manfaat yang didapat dari bergabung dengan komunitas
    @ kutaraja: bukannya sudah ada komunitas bloger Batak?
    @ Goen: kalian memang kompak!
    @ atep js: hatur nuhun. Nulis mah teu kudu dipikir, santai we atuh lah..
    @ fany: matur nuwun, Mbak
    @ dela_luthu: ajak saja teman2 untuk kopdar. Jadi deh komunitas bloger di tempatmu 😀

  14. makin banyak komunitas blogger & anak yang yg ngeblog jadi makin banyak ilmu yang dapat kita proleh & serap. Ayo maju truz blogger mania!!!

  15. postingannya aja serius gini, apalagi (ah ga dilajutin ah)

    jadi nama komunitasnya opo dit? (terus terang gak baca)

  16. @ orangndut: errr… nambah temen ngga selalu harus dengan bergabung di komunitas lho
    @ pras: iyah setuju 😀
    @ ario saja: makasih. Btw, BLOGOR, with single G
    @ adhi: situsnya sednag disiapin
    @ antobilang: BAH!! Koe isoh moco toh?

  17. saya baca.. tapi ngga mudeng.. bahasa nya berat tok
    tapi saya tau klo nama komunitasnya blogor . . .

    saya idem sama gunawan (yang mana idem sama zam dan diidemi juga sama suprie)

  18. saran urang mah mending bologor…
    lucu g?
    lucu pan?
    lucu aja deh,,
    hahaha,,,
    sip sip
    hayo kita semarakkan kota bogor menjadi kotanya para blogger,,
    idup marwan,,
    eh salah
    idup bologor,,

  19. maaf jika isi pesan berikut mengganggu aktivitas kamu.. aku cuma mau kasih tau aja, ada sebuah situs social bookmarking yang berisi kumpulan berita-berita menarik yang paling update diseluruh indonesia,dan memang situs ini berbasis bahasa indonesia… klo nggak keberatan tolong cek situs ini yah.. semoga bermanfaat..

    >>> http://www.lintasberita.com

    coba di share aja semua tulisan km di situs itu ,mudah2an bisa membantu naikkan traffic blog ini ,keep up the good post ok.. btw.. ever thought bout adding lintasberita’s widget?? cek disini aja yah

    >>> http://www.lintasberita.com/tools.php

    thanks…. sory klo keliatannya spamming.. but seriously… im just helping you out here…

  20. Wah informasi di website ini berguna sekali buat kita semua.
    Ayo update terus biar lebih keren lagi sehingga kita jadi nggak bosen berkunjung di sini.
    O ya, bagi yang belum berlangganan koran, Cibinong Agency melayani kebutuhan informasi Anda….

  21. FAZA GALLERY Membuka Peluang tuk jd AGEN Jilbab Balita MUFIDA, Diutamakan tuk Wilayah BOGOR tapi tuk wilayah lain juga tidak apa2 loh….

    Juga Peluang tuk jadi SUB AGEN tuk wil Bogor, Depok dan sekitarnya or wilayah lain pun punya kesempatan ini.

    Yuk…Gabung bersama kami. We wait u to be our parthner bussiness…Ayo jangan lewatkan kesempatan ini.

    Silahkan hubungi kami email : fazagallery@gmail.com atau contact Faza Gallery

    Terima Kasih, Semoga bisa menjadi mitra FAZA GALLERY yang bersahabat.

Leave a Reply to rae di sebelah kiri Cancel reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top
%d bloggers like this: